Isu Seputar Yahoo Messenger

Mungkin kawan kawan sudah tidak asing dengan IM (Instant Messenger). Instant Messenger seperti ICQ, Yahoo Messenger, MIRC dan sejenis nya mungkin begitu familiar terdengar di telinga kawan kawan. Bahkan mungkin ada beberapa orang yang rela berlama lama di warung internet / internet cafe hanya sekedar berkirim message melalui IM tadi. Anak anak sekolahan pun tidak ingin ketinggalan, mereka yang memiliki handphone 3G memasang IM di handphone mereka, IM chat buat hape seperti Mig33, Yehba, YMtiny dan masih banyak lainnya ikut meramaikan per-IM-an. Namun dibalik asyiknya berChat ria bersama kawan, selalu ada saja orang iseng yang selalu gatal mengisengi kita.
Mengapa orang mengisengi kita?
Mungkin pertanyaan itu sering terlintas di benak kita. Banyak faktor yang melatar belakangi hal ini, salah satunya jika kita sering melakukan JJR (jalan jalan room)

dan ID kita tertinggal di salah satu room, mungkin YM kita disconnected (selanjut nya disingkat dc). ID yang tertinggal itu sering jadi bahan uji coba booter. Booter itu sendiri merupakan software yang di buat untuk menjaili orang lain. Dampak booter sendiri tidak terlalu merugikan, namun seadikit mengganggu kenyamanan dalam berchat ria. Serangan dan Dampak dampak booter ada beberapa macam, diantara nya :
• Buzz Killing, si booter/attacker akan mengirimkan paket PM (Private Message) tentunya menggunakan ID YM yang tidak sedikit, ID YM itu sendiri bisa diibaratkan peluru. Semakin banyak peluru semakin bagus. Kita tidak akan membahas tentang ID YM pada postingan kali ini.Dampak dari buzzkilling itu sendiri ialah kita akan menerima PM yang bertubi-tubi dan tentunya banyak, kemudian tiap PM mengeluarkan buzz (ding!!!) secara bergantian. Serangan ini memang jarang menDCkan YM namun dengan adanya attack semacam ini sedikit (bukan sedikit sih) mengganggu suasana.
• PM bomb, pada dasarnya software booter mempunyai modus yang sama dalam melakukan penyerangan, yaitu mengirimkan paket PM. PM bomb itu sendiri mengeluarkan paket berupa text text yang cukup mengganggu. Jika memori yang terpasang di komputer kecil misal 128 mb, ada kemungkinan YM akan mengalami crash dan tentunya harus di Exit secara paksa.
• IMVronment, pada serangan kali ini booter mengirimkan paket IMVronment yang tersedia di YM itu sendiri.
• Silent DC, booter yang melancarkan serangan seperti ini sangat mengganggu sekali. Ketika sedang asyik-asyik chat, tiba tiba YM kita mendadak DC dan secara otomatis YM close :( .
Sebenarnya masih banyak jenis serangan yang lain, namun saya hanya manyampaikan empat serangan saja, karena secara garis besar nya sama.
Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana mennghalau / menahan si attacker ini?
Ada dua cara untuk menahan si attacker yaitu internal dan eksternal,

Cara pertama ini saya kutip dari sebuah forum http://bandung-enam.co.cc , tahap pemfilteran ini dilakukan pada Yahoo internal nya sendiri. Yahoo messenger sendiri memiliki filter yang cukup, untuk menahan bot bot. Letak pengaturannya ada di "Yahoo --> Messenger --> Prefference" atau untuk mempersingkatnya cukup dengan menekan "CTRL + SHIFT + P"
Setelah masuk Preferences ikutilah setingan berikut :
• Pilih - Alert and Sound - Hilangkan check list nya ( disable ) dengan demikian jika komputer anda menggunakan speaker dan YM anda kena Boot maka tidak akan berisik.
• Pilih - Chat - Check List Pada " Ignore Chat Invitation " ( Ini akan menahan Booter dengan INVITE PACKET ) - negatip nya ya jelas kl ada temen anda yang akan meng invite anda maka akan langsung di Ignored!
• Pilih - Ignore List - Check List pada " Ignore anyone who is not inmy messengger List" ( Ini akan meng Ignore semua Booter yang masuk ) negatip nya jika teman anda PM anda dan ID nya belum anda add maka akan langsung ke Ignore dan juga ketikan2 lain di Room akan tidak kelihatan.
• Pilih - Messages- Check List " Minimize the Messages window on thetaskbar" - Check List " Show The Messages in a single window " --- Dengan setting diatas maka PM Bomb yang masuk akan di tampung hanya dalam 1 Box saja dan tidak keluar banyak PM - settingan seperti ini cukup kuat menahan packet booter biasa.
• Masih di pilihan "Messages" - pada "Miscellanous" hilangkan semua check list nya, dengan demikian YM akan menahan ataumeng Ignore packet seperti Imvironment Bomb, Audible Packet, Emoticon Paket dan akan mendisable suara dari Audible yg masuktapi memang negatip nya, jika kita mendisable fasilitas yg ada di YM maka chat kita tidak akan begitu menyenangkan, karena Icon tidak akan kelihatan dsb nya, tapi dengan setting diatas paling enggak akan sedikit bikin kesel orang yg melakukan booting ke anda.
Setelah ada sedikit perombakan dalam tubuh Yahoo, ada beberapa fitur yang berkurang. Namun setidaknya kita sudah tercegah dari anonymous attacker. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menggunakan software tambahan atau sering disebut dengan chat client. Sama hal nya dengan Yahoo Messenger, chat client membutuhkan ID Yahoo dan password. Chat client memang khusus dibuar untuk menagkal para orang orang jail dunia chat. Saya merekemondasikan 3 chat client yang di antara nya :

1. Yazak
Preview



    download 1 || download 2


    Yazak merupakan chat client yang bisa diandalkan, biasanya tidak semua booter dapat menyerang Chat client ini


    2. Yahelite

    preview

    yahelite


    download 1 || download 2


    Yhelite merupakan chat client yang terkuat (menurut saya). Karena dilengkapi fitur untuk memfilter booter maupun flood, pilihannya pun bervariasi mulai dari weak, middle sampai strong.


    3. YahooACE

    Sebelum menggunakan YahooAce close terlebih dahulu YM, yahooAce akan merombak YM dan memberikan fitur tambahan berupa pemblokiran terhadap ID yang mencurigakan dan disinyalir merupakan booter yang mengancam YM kita :D.


    download 1 || download 2


    4. Yahoo TunneL
    Prinsip kerjanya hampir sama dengan YahooACE. Software ini merombak dan menambahkan fitur fitur di YM, namun kekurangan dari program ini diantaranya jika kawan YM kita memBuzz, YTunnel atau disingkat YTK akan memblok, dan jika ada teman akan menginvite YTK akan memblok. Namun semua itu bisa diatasi lewat preference yang disediakan YTK.


    download 1 || download 2


    Perlu diingatkan walaupun kita memakai beberapa software diatas, tidak menjamin 100% aman. Karena di dalam dunia internet tidak ada yang 100% aman. Karena isu mengenai security bersifat dinamis. Selalu ada perubahan dan perkembangan.

    Mudah-mudahan di blog yang saya tulis ini bermanfaat bagi kawan kawan lainnya.


3 komentar:

Kang Boim mengatakan...

Ga ngerti lg nih soal YM.....soalnya ga pernah make fasilitas yang satu nih..maklum agak gaptek

Anonim mengatakan...

thanks mas.. udah susah nyari kmana2 dapet disini caranya...

Http://www.abcarea.com

cezmed mengatakan...

@erd
makasi bro udah mereview di blog saiah..
sangat senang jika tulisan kita bisa berguna dan bermanfaat :)